Kota Tarakan     Komunitas Blog Tarakan     LPSE Tarakan

Breaking News

Wednesday, September 16, 2009

Tips Mudik Dengan Kendaraan Pribadi

Menjelang hari raya Idul Fitri, banyak keluarga yang melakukan mudik ke kampung halamannya masing-masing. Stasiun, Bandara dan Pelabuhan pun selalu dipenuhi dengan pemudik yang ingin merayakan hari kemenangan bersama keluarga mereka.

Tak jarang masalah timbul saat sedang mudik. Hal yang sering timbul adalah kurangnya persiapan pemudik untuk menghadapi Idul Fitri 1230 H.

Agar mudik Anda tidak terbengkalai, ikuti tips ini yuk!

Pastikan berapa hari Anda akan mudik, perkirakan kegiatan Anda di sana. Dengan begitu Anda dapat memperkirakan berapa banyak pakaian yang harus dibawa. Kemudian buatlah cacatan kecil yang berisi barang-barang yang ingin dibawa untuk mudik. Contreng setiap barang yang sudah Anda siapkan.

Pastikan kendaran Anda dalam keadaan fit. Oleh karena itu, sebelum mudik sebaiknya Anda pergi ke bengkel untuk servis dan mengecek kondisi kendaraan. Jangan lupa membawa peralatan untuk bantuan darurat jika terjadi kerusakan pada kendaraan Anda di perjalanan.

Sebelum berangkat, jangan lupa berpamitan dengan tetangga dan ketua RT di lingkungan rumah. Menitipkan rumah kepada tetangga dan melaporkan kepergian kepada ketua RT membuat orang-orang sekitar rumah Anda mengetahui bahwa rumah dalam keadaan kosong sehingga dapat bahu membahu menjaganya. Anda juga dapat membayar satpam untuk menjaga rumah selama Anda mudik khususnya pada malam hari.

Pastikan rute mudik Anda sebelum berangkat agar tidak tersasar.

Dalam perjalanan, sebaiknya selalu terhubung dengan media informasi agar mendapatkan info terkini tentang arus mudik. Anda bisa menyalakan radio
untuk terus memantau arus mudik atau yang lebih mudahnya Anda bisa meng-update infomasi mudik dari portal berita seperti detik.com.

Setiap menjelang Idul Fitri, banyak posko-posko mudik untuk beristirahat para pemudik. Manfaatkan posko tersebut untuk mengembalikan energi Anda setelah lelah berkendara. Istirahatlah sekitar dua sampai tiga jam. Hal ini tentunya untuk menghindari kecelakaan akibat kelelahan. Selamat mudik! (kee/kee)

Oleh Angga Firmanza - detikhot

4 comments:

  1. Untuk semuanya selamat mudik ya,Semoga selamat sampai tujuan ( www.beritanyata.blogspot.com )

    ReplyDelete
  2. mantap.. kalo diriku mudiknya cuma deket kok

    ReplyDelete

Designed By Published.. Blogger Templates