Kota Tarakan     Komunitas Blog Tarakan     LPSE Tarakan

Breaking News

Tuesday, April 28, 2009

Otot Kejang Saat Olahraga? Minum Kopi Saja!

Kopi ternyata tidak hanya berguna untuk menghilangkan rasa kantuk saat bekerja. Tetapi dapat menghilangkan rasa sakit ketika otot mengencang saat sedang berolahraga.

Nyeri otot sering dirasakan oleh orang yang rutin berolaraga. Hal ini dikarenakan otot-otot tubuh yang mengencang saat melakukan gerakan-gerakan dalam olahraga.

Sebuah penelitian di Universitas Illinois, Amerika Serikat yang detikhot kutip dari Telegraph, Rabu (1/4/2009), membuktikan hal tersebut. Penelitian itu diikuti oleh 25 mahasiswa sebagai objek penelitiannya.

Mahasiswa-mahasiswa tersebut dibagi dalam dua kelompok, yaitu satu kelompok terdiri dari mahasiswa yang jarang dan hampir tidak sama sekali meminum kopi. Sedangkan kelompok yang lain adalah para mahasiswa yang meminum kopi satu sampai empat gelas kopi tiap harinya.

Kedua kelompok tersebut melakukan program olahraga yang dijadwalkan oleh peneliti. Di sela-sela program berjalan, kelompok yang tidak meminum kopi mengalami nyeri-nyeri pada otot lebih cepat dibandingkan dengan kelompok yang meminum kopi.

Hasil penelitian mengatakan bahwa kafein bekerja keras di dalam bagian otak dan syaraf-syaraf tulang belakang saat proses nyeri otot terjadi. Oleh karena itu, peneliti menganjurkan untuk meminum kopi sebelum melakukan olahraga di pusat kebugaran atau olahraga agar meminimalisir rasa nyeri pada otot yang dilatih.(kee/kee)

Oleh Angga Firmanza - detikhot

1 comment:

Designed By Published.. Blogger Templates