Kota Tarakan     Komunitas Blog Tarakan     LPSE Tarakan

Breaking News

Tuesday, March 10, 2009

Mau Lembur? Awas Jadi Gila!

Anda termasuk orang yang gila kerja. Atau bobot pekerjaan membuat Anda memiliki jam kerja yang panjang? Tahukah Anda, bahwa waktu kerja yang panjang bisa membuat kejiwaan seseorang terganggu.

Sebuah penelitian dilakukan di New York dengan mensurvei 2.200 pekerja laki-laki dan perempuan. Mereka diteliti mengenai pekerjaan dan efeknya terhadap kestabilan kejiwaan.

Rata-rata jam kerja dalam seminggu adalah 40 jam. Penelitian tersebut membuktikan, para pekerja yang memiliki jam kerja lebih lama dari standar biasanya mengalami masalah dalam kejiwaannya.

Tak hanya berpengaruh pada menurunnya kinerja, mental para pekerja pun bisa menjadi taruhannya. Dr. Marianna Virtanen, sang peneliti yang detikhot kutip dari reuters, Jumat (6/3/2009) mengungkap bahwa waktu kerja yang panjang berpengaruh pada fungsi kognitif seseorang.

Saat hal itu berlangsung lama, maka akan berpengaruh pada kesehatan jiwa para pekerja tersebut. Para pekerja yang memiliki jam kerja 55 jam mengalami penurunan kestabilan yang parah dalam 5 tahun.

Untuk itu disarankan kepada para pekerja untuk mengatur pola hidup agar seimbang. Mengejar karir memang sah-sah saja. Namun kesehatan dan kebahagiaan juga tak boleh luput dari perhatian. (kee/kee)

Oleh Amelia Ayu Kinanti - detikhot

1 comment:

Designed By Published.. Blogger Templates