Kota Tarakan     Komunitas Blog Tarakan     LPSE Tarakan

Breaking News

Thursday, December 4, 2008

Usul Rp 300 Miliar Dukung Tarakan Jadi Kota Pendidikan

Berbagai persiapan dilakukan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tarakan menjelang diresmikannya Tarakan menjadi Kota Pendidikan pada 15 Desember nanti.

Hal terpenting yang dipersiapkan dengan matang adalah infrastruktur pendukung pendidikan seperti bangunan sekolah yang terstandar, kelengkapan data administrasi utamanya data pendidik, tenaga pendidikan dan jumlah siswa yang nantinya akan mampu diakses secara nasional.

Terkait dukungan anggaran, Kepala Disdik Tarakan Undunsyah mengaku, tahun depan pihaknya mengusulkan anggaran pendidikan sekitar Rp. 300 miliar untuk pemenuhan kelengkapan menjadi Kota Pendidikan.

"Untuk infrastruktur tahun depan, ada 21 sekolah dasar (SD) yang masing-masing berlantai 2 dan pembangunannya merupakan lanjutan dari tahun sebelumnya di antaranya SD 021 dan 037, SMA 2 akan dibangun 3 lantai, SMA 1 empat lantai, SMP 7 tiga lantai, SMP 4, SMA 3 dan SMK 3 masing-masing tiga lantai," sebut Undunsyah.

Lebih lanjut Undunsyah juga menyampaikan, untuk data administrasi, saat ini sudah pengoperasiannya sudah hampir 90 persen data dari tenaga pendidik, pendidik, siswa, data guru PNS, CPNS juga non PNS Tarakan mampu diperoleh dengan mudah di mana saja di Indonesia karena sudah terdata secara nasional. Data ini diperoleh dengan sistem informasi teknologi pendidikan yang diterapkan oleh Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). Sementara itu, 10 persennya merupakan data yang sejogianya didapatkan dari beberapa sekolah swasta (partikulir) di Tarakan namun mereka menyatakan diri belum siap untuk mengikuti proses ini. Untuk menggenapi data pendidikan tersebut, Disdik terus berupaya dengan berbagai cara untuk dapat mengakomodir data pendidikan di sekolah swasta dimaksud.

"Tujuan pendataan ini, khususnya data pendidik, tenaga pendidik dan siswa adalah agar data pendidikan Tarakan dapat terakurasi dengan baik secara nasional. Nah, di tahun 2009 mendatang, kami meyakini bahwa seluruh sekolah sudah full teknologi," tandasnya.

Selain itu, untuk mengimbangi predikat Kota Pendidikan tersebut, dalam waktu tidak terlalu lama akan dibangun 5 sekolah baru untuk menampung siswa yang ada di Tarakan maupun dari luar Tarakan yang ingin mengenyam pendidikan dengan kualitas memadai. Lima sekolah dimaksud yakni SMAN 4, SMKN 4, SMPN 11, SMPN 12 dan SMPN 13. Khusus untuk SMKN 4, lanjut Undunsyah, sekolah ini dibangun dengan spesifikasi khusus jasa pariwisata di mana harapannya melalui sekolah ini akan muncul bibit unggul daerah yang mampu mengelola dan mengembangkan pariwisata di Tarakan.(ndy)

Sumber Radar Tarakan

3 comments:

  1. wow....duit bukan tuh,,,hehhe
    but....untuk pendidikan, segalanya harus dilakukan biar ngegeri ini terus maju dan berkembang, Hayo selamatkan bangsa.(ngomong apaan sih gw yach)heheh

    ReplyDelete
  2. Sukses deh buat kota Tarakan...

    ReplyDelete
  3. Bagaimana kabar kelanjutannya, sekarang udah 2012 hampir habis...

    ReplyDelete

Designed By Published.. Blogger Templates