Kota Tarakan     Komunitas Blog Tarakan     LPSE Tarakan

Breaking News

Thursday, December 18, 2008

Hati-hati Kecanduan Gula!

Tak hanya rokok yang bisa membuat Anda kecanduan. Ternyata sebuah penelitian membuktikan, kalau gula juga bisa menjadi candu bagi siapapun.

Gula ternyata bisa bertindak bak heroin. Gula bisa menjadi candu ketika pemakaiannya tidak tepat. Mengatasi kelaparan dengan mengkonsumsi gula merupakan awal terbentuknya perilaku kecanduan tersebut.

Hal itu dijelaskan oleh Bart Hoebel, seorang peneliti dari Universitas Princeton, Amerika Serikat. "Meminum air gula dalam jumlah yang banyak saat lapar dapat mengubah susunan saraf di otak," ujar Bart seperti dikutip detikhot dari Health24, Rabu (17/12/2008).

Penelitian yang dilakukannya memang dilakukan terhadap tikus. Namun, hal ini juga bisa diaplikasikan pada tubuh manusia.

Tikus kelaparan diberikan minuman bergula yang memiliki larutan serupa dengan soft drink. Hal itu dilakukan selama 12 jam per hari, tiga kali seminggu.

Hasilnya, tikus-tikus itu memilih untuk meminum air yang serupa dengan soft drink ketimbang makanan lain. Di situlah berbahayanya. Kebiasaan makan seperti itu mengubah saraf-saraf di otak tikus-tikus tersebut.

Setelah 3 minggu dilarang meminum larutan serupa, tikus-tikus tersebut menampilkan perilaku gelisah seperti seorang pecandu kehilangan morphinnya, atau seorang perokok kehilangan rokoknya.

Perilaku itu kemudian berkembang menjadi depresi dan rasa cemas yang tinggi. Bart pun menyarankan untuk selalu makan dengan komposisi yang seimbang. Karena ternyata, beberapa bahan makanan pun bisa mengakibatkan kerusakan saraf di otak. Pola makan sehat sangatlah dianjurkan untuk mencegah perilaku kecanduan ini. (kee/eny)

Oleh Amelia Ayu Kinanti - detikhot

1 comment:

  1. padahal aku paling suka yang manis manis lho. ngelihat cowok juga gitu. biar hitam yang penting manis kayak kopi,he..he...

    ReplyDelete

Designed By Published.. Blogger Templates