Kota Tarakan     Komunitas Blog Tarakan     LPSE Tarakan

Breaking News

Tuesday, November 25, 2008

Awas! Perempuan Makin Sensitif Karena Rokok

PMS (Pra Menstruation Syndrome) adalah penyakit bulanan perempuan. Pusing, nyeri punggung dan dada serta munculnya jerawat merupakan gejalanya. PMS juga terkadang mempengaruhi emosional perempuan. Mereka jadi lebih sensitif.

Seperti detikhot kutip dari Health24, Senin (24/11/2008), kebiasaan merokok ternyata dapat membuat gejala-gejala di atas menjadi lebih parah. Hal itu terbukti dari hasil penelitian, Dr. Elizabeth R. Bertone-Johnson, dari Universitas Massachusetts.

Penelitian itu dilakukan di Amerika Serikat dan dimulai sejak tahun 1989 lalu. Yang menjadi objek penelitian adalah 116.678 siswi sekolah keperawatan.

Dalam 2 tahun, para siswi yang merokok memiliki gangguan PMS dua kali lebih banyak dari yang tidak merokok. Sedangkan siswi yang telah memiliki kebiasaan merokok sejak berumur kurang dari 15 tahun memiliki risiko PMS lebih parah. Risikonya 2,5 kali lebih parah dari yang tidak merokok.

Kebiasaan merokok memang dapat mempengaruhi keseimbangan berbagai hormon seperti estrogen, progesteron, testosteron. Hormon-hormon tadi juga mempengaruhi siklus menstruasi. Oleh karena itu kebiasaan merokok dapat berdampak pada siklus haid perempuan secara langsung.

Tak hanya itu, merokok juga dapat mengurangi kadar vitamin D dalam tubuh. Berkurangnya vitamin D bisa membuat gejala PMS selalu hadir setiap bulan.

Lebih parahnya lagi, kebiasaan merokok yang dilakukan sejak dini akan berdampak langsung pada siklus haid. Bisanya perempuan perokok memiliki silus haid lebih pendek dari yang tidak merokok. Hal tersebut tentu saja berdampak langsug pada tingkat kesuburan perempuan

Masih punya alasan untuk merokok? (kee/eny)

Oleh Amelia Ayu Kinanti - detikhot

2 comments:

  1. Submit tulisan anda di Kombes.Com Bookmarking, Agar member kami vote tulisan anda. Silakan submit/publish disini : http://bookmarking.kombes.com Semoga bisa lebih mempopulerkan blog/tulisan anda!

    Kami akan sangat berterima kasih jika teman blogger memberikan sedikit review/tulisan tentang Kombes.Com Bookmarking pada blog ini.

    Salam hormat
    http://kombes.Com

    ReplyDelete

Designed By Published.. Blogger Templates