Kota Tarakan     Komunitas Blog Tarakan     LPSE Tarakan

Breaking News

Sunday, July 6, 2008

SBY Sentil Atlet Jalan-Jalan saat Upacara

Api Pon XVII Kalimantan TimurPON XVII, Kaltim Terbesar dalam Sejarah Indonesia
Api Pekan Olahraga Nasional (PON) XVII/2008 di Kalimantan Timur (Kaltim) telah menyala di kaldron Stadion Palaran, Samarinda, tadi malam. Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pun secara resmi telah membuka pesta olahraga multieven nasional yang berlangsung kemarin hingga 17 Juli mendatang tersebut.

Dalam pidato sambutannya, SBY meminta pelaksanaan PON XVII dapat berjalan dengan semangat 100 Tahun Kebangkitan Nasional yang juga jatuh pada tahun ini. Di hadapan 60 ribu publik Kaltim yang memenuhi stadion berkapasitas 40 ribu orang itu, orang nomor satu di Republik Indonesia tersebut menyentil para atlet yang berada di lapangan setelah melakukan parade untuk tidak berjalan-jalan dan diam di tempat.

"Kalau tidak kuat berdiri, duduk saja," kata SBY. SBY berharap agar PON menjadi salah satu turnamen yang digunakan untuk mengasah kemampuan atlet-atlet daerah. Tujuannya untuk bisa membawa Indonesia ke pentas dunia. "Ini sebagai salah satu mata rantai pematangan prestasi," imbuh SBY.

SBY mengimbau seluruh wasit yang bertugas agar mampu bersikap profesional dan objektif. Presiden mengharapkan PON tidak sekadar menjadi ajang perebutan medali masing-masing daerah, tetapi sekaligus sebagai momen untuk mempererat persatuan. Pernyataan itu sekaligus memungkasi pembukaan yang ditandai dengan menekan sirene dengan didampingi Menpora Adhyaksa Dault dan Ketua Umum KON/KOI Rita Subowo.

Sekitar 7.608 atlet dari 33 provinsi di Indonesia ambil bagian dalam kompetisi olahraga akbar tersebut. Mereka berlaga di 43 cabang dan memperebutkan 749 medali emas, 749 medali perak, dan 954 perunggu sehingga menjadikan PON XVII terbesar dalam sejarah Indonesia.

Sebelumnya, Ketua Umum Pengurus Besar (PB) PON Yurnalis Ngayoh berharap agar Kaltim tak sekadar sukses prestasi, tetapi juga berhasil menjadi tuan rumah yang baik dan meningkatkan perekonomian rakyat selama PON. "Kami sengaja merancang program trisukses ini agar PON benar-benar menjadi even yang bisa diingat masyarakat Kaltim," ungkap Yurnalis.

Melihat antusias penonton yang memadati stadion yang dibangun sebelum PON tersebut, sukses tuan rumah nyaris tercapai. Meski berjarak 15 km dari pusat Kota Samarinda, stadion tetap penuh sesak penonton. Bahkan, banyak di antara mereka berdiri karena tidak mendapatkan tempat duduk.

Padahal, pembukaan PON itu dimajukan sehari lantaran menyesuaikan jadwal presiden. Awalnya, pembukaan dijadwalkan 6 Juli. Tetapi, karena padatnya jadwal presiden, acara itu dimajukan sehari. Acara tersebut dilanjutkan dengan pengibaran bendera PON Ke-17 dan penyalaan api PON oleh Alfons T. Lung, atlet taekwondo yang pernah menyumbangkan perak pada Asian Games Hiroshima setelah menerima api PON dari Suryadi Gunawan, atlet gulat nasional yang sekaligus pegulat andalan Kaltim era 1990-an. Api PON diambil dari kawasan Bambu Kuning, Samarinda.

Setelah api PON dinyalakan, stadion pun dipenuhi kembang api di berbagai sudut. Sayang, asap kembang api yang terlalu tebal sedikit mengurangi antusiasme para penonton dan segera berlari keluar.

Acara mengalir diikuti pergelaran tari kolosal Polah Gaya yang artinya mengolah energi garapan Djaduk Ferianto. Meski tak ada pembatasan dan persyaratan tertentu bagi masyarakat Kaltim untuk menikmati langsung acara pembukaan itu, tak ada kericuhan yang berarti selama pelaksanaan acara. "Ini benar-benar pesta rakyat," ungkap Suryanto, salah seorang ofisial Jatim.

Sementara itu, sebelum pembukaan dihelat, Jawa Barat telah memimpin perolehan medali dengan tiga emas, disusul Kaltim dengan satu emas dan mengoleksi tiga perak. Sedangkan Jawa Timur harus legawa karena belum juga ditentukan nasibnya. (vem/ham/nar/aww)

Sumber Radar Tarakan

5 comments:

  1. mengasyikan tuh kayaknya..kayak pesta rakyat

    ReplyDelete
  2. ini kayak baca koran aja ... hehehehe .. kayaknya orang2 kalimantan lagi pada bicarain ini smua ya..

    ReplyDelete
  3. wah skrg gak hanya banner, tp beritanya pun muncul.

    ReplyDelete
  4. Selamat ya bro...
    Selamat atas PON yang diselenggarakan di Provinsi ente...

    Lam kenal ya bro.
    www.otakkabel.com

    ReplyDelete
  5. Waaah lamma nggak mampir...ternyata dah banyak postingan yg terlewati nih...Habisss beberapa kali mampir...koq postingannya itu mulu....

    Puz...disentil gitu... mudahan jadi lebih baek dong tentunya ya...!

    ReplyDelete

Designed By Published.. Blogger Templates