Kota Tarakan     Komunitas Blog Tarakan     LPSE Tarakan

Breaking News

Tuesday, June 3, 2008

Ayo Berempati!

Mengerti, memahami, serta mendalami perasaan orang lain tak mudah bagi sebagian orang. Perlu rasa sensitifitas tinggi sehingga dapat berempati. Sulit bukan berarti tidak bisa. Semua ada caranya. Ini dia tipsnya!

1. Untuk berempati, jangan melihat seseorang dari sudut pandang pribadi. Cobalah untuk menempatkan posisi Anda di posisi orang yang ingin Anda mengerti. Dalami perasaannya. Karena jika tidak, Anda tidak akan pernah bisa mengerti apa yang dirasakan oleh orang tersebut.
2. Cobalah untuk menjadi orang yang ingin Anda mengerti. Bayangkan jika Anda menjadi orang itu. Hal itu bisa membuat Anda lebih memahami orang tersebut.
3. Perhatikan pendapat dan masukkan Anda. Jangan terlalu memaksakan pendapat. Cara serta nada berbicara pun harus disusun sedemikian rupa sehingga tidak menimbulkan salah paham.
4. Yang perlu diingat, saat ingin berempati dengan orang lain, dengarkan cerita mereka dengan seksama. Jangan menyela ceritanya kecuali untuk hal yang benar-benar penting. Jadilah pendengar yang baik.(kee/eny)

Oleh Amelia Ayu Kinanti - detikhot

1 comment:

  1. Empati memang merupakan salah satu sikap yang harus kita miliki.

    ReplyDelete

Designed By Published.. Blogger Templates