Kota Tarakan     Komunitas Blog Tarakan     LPSE Tarakan

Breaking News

Friday, April 11, 2008

Segera Dilengkapi Hot Spot Internet

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam (Lisda) Kota Tarakan, Ir Subono MT mengatakan hingga saat ini pihaknya terus melakukan pengembangan terhadap pembangunan taman industri sampah kegiatan ekonomi berbasis lingkungan (TIS-KEBAL) di dekat pasar Boom Panjang. Rencana kedepannya, di lokasi tersebut dibuat jalan sekaligus taman yang akan dilengkapi dengan hot spot internet.

“Memang kedepannya ada gagasan kita bekerjasama dengan Telkom membuat hot spot internet di taman akan kita buat di atas lahan sekitar 8 x 12 meter. Sehingga nantinya, taman ini bisa dimanfaatkan masyarakat untuk internet di luar ruangan,” terang Subono.

Di TIS KEBAL yang sudah berjalan satu tahun terakhir ini, selain pengelolaan sampah organic, kedepannya juga direncanakan mengelola sampah anorganik seperti plastik.

“Jika tidak ada pihak ketiga, rencana ini akan dianggarkan untuk tahun 2009 mendatang,” kata Subono. Subono menjelaskan, TIS KEBAL ini sendiri merupakan pilot project pengelolaan sampah di sekitar pasar dengan tujuan untuk mengurangi sampah, yang otomatis juga mengurangi sampah yang diangkut. Dan, jika itu terjadi maka juga mengurangi volume sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan bisa memperpanjang umur TPA.

“Keberadaan TIS KEBAL ini, juga bisa membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat, pada intinya memiliki banyak fungsi. Salah satunya juga bisa menghasilkan pupuk kompos yang bisa digunakan untuk kegiatan pembibitan seperti holtikultura, kalau diikutkan dengan moto BAIS ini sangat baik,” terangnya. “TIS KEBAL ini juga bisa digunakan sebagai pendidikan lingkungan dan rekreasi,” imbuhnya. (ian)

Sumber: Radar Tarakan (11 April 2008)

2 comments:

  1. bagus dong kalo banyak fungsinya gitu. utamanya isa jadi lahan pekerjaan bagi masyarakat.

    ReplyDelete

Designed By Published.. Blogger Templates