Kota Tarakan     Komunitas Blog Tarakan     LPSE Tarakan

Breaking News

Wednesday, April 2, 2008

Hindari Cemilan dan Makan Malam

KEBIASAAN menyantap cemilan atau kudapan juga berakibat buruk pada tubuh. Sayangnya, kebiasaan macam ini sudah melekat sejak usia anak-anak. Sedari kecil kita sudah biasa mengonsumsi permen dan kue-kue yang berasa manis dan mengandung kadar gula cukup tinggi.

Padahal makin banyak kadar gula yang masuk ke tubuh makin berisiko terkena kanker. Sebab sel kanker senang tumbuh pada tubuh yang memproduksi insulin tinggi.

Dan satu lagi kebiasaan buruk kita adalah senang makan ketika larut malam. Padahal jam makan paling malam yang ideal bagi kesehatan adalah pukul enam sore. Setelah lewat pukul enam sebaiknya tidak lagi mengonsumsi makanan berat seperti nasi, gandum dan sejenisnya. Makanan-makanan berat ini akan memperberat kinerja hormon di saat kita tertidur.

Selain makanan, adalagi hal lain yang harus diperhatikan, yakni stres. Benar kata pepatah bahwa banyak marah bikin orang cepat tua. Stres yang berkepanjangan dapat mengganggu jantung dan otak.

Ketiga hal tersebut sebenarnya bisa diterapkan dalam keseharian, namun cukup sulit mempraktikkannya. Kebanyakan orang merasa malas atau tidak ada waktu untuk berolah raga atau mengawasi jumlah makanan yang dilahap.

Padahal kalau saja ketiga hal itu bisa dilakukan, orang tidak perlu bersusah payah menjalani pelbagai jenis pengobatan untuk menunda penuaan.

Memang di masa kini banyak kemajuan medis yang bisa menjanjikan ‘obat awet muda’. Terapi sulih hormon misalnya, bisa membuat orang berusia lanjut kembali memiliki stamina dan penampilan usia belia.

Sumber : Banjarmasin Post Online

3 comments:

  1. Yg ini penting juga utk dibaca. Lagian kalo kebanyakan ngemil bisa jadi ndut lho. Kalo udah ndut, kan gak bisa jadi foto model. Iya gak. Info ini mau aku sebarkan ke tetangga juga ah...

    ReplyDelete
  2. Pantas dicoba, walaupun berat nian. Terutama jam 21.00 malam. Perut rasanya susah untuk diakaj kompromi...

    ReplyDelete
  3. waaa la ini repot, kalo gak ngemil malah sering gak bisa tidur, gimana donkz...

    ReplyDelete

Designed By Published.. Blogger Templates