Kota Tarakan     Komunitas Blog Tarakan     LPSE Tarakan

Breaking News

Thursday, March 27, 2008

"KOPI dan TEH" Sumber Antioksidan

KOPI
Secangkir kopi yang kita minum tiap pagi ternyata tidak sekedar membuat kita terjaga dan lebih bersemangat. Penelitian terbaru di Amerika menunjukkan bahwa kopi adalah sumber utama antioksidan.

Penemuan ini tentu saja mengejutkan karena banyak orang menyakini bahwa sumber antioksidan yang baik diperoleh dari buah-buahan dan sayuran. itu benar, namun penelitian ini merupakan pertama kalinya yang menunjukkan bahwa sebagian besar antioksidan dapat diperoleh dari kopi, dan tidak ada sumber lain yang menyamainya.

Jangan khawatir kalau kita tidak kuat minum kopi yang keras, penelitian ini juga menunjukkan bahwa kopi tanpa kafein (decaf) memberi antioksidan dalam jumlah sama. ini tentu saja merupakan kabar baik bagi semua orang yang bergantung pada kopi agar tetap bersemangat.

Tapi kita tidak perlu terburu-buru minum kopi banyak-banyak. satu atau dua cangkir tiap hari sudah memberi hasil yang diinginkan.

TEH
Teh berasal dari bahasa Cina tay. Bangsa Cina mengenal teh sejak 2700 SM, kemudian orang Jepang mulai mengembangkan penanaman teh sejak 800 M serta menjadikannya sebagai bagian tradisi sosial dan agama.

Tanaman teh dapat tumbuh di daerah tropis dan subtropis dengan curah hujan tidak kurang dari 1.500 mm. Tanaman teh memerlukan kelembaban tinggi dengan temperatur udara 13-29,5 derajat C sehingga tanaman ini tumbuh baik di dataran tinggi dan pegunungan yang berhawa sejuk.

Teh hijau adalah teh yang berasal dari pucuk daun teh yang sebelumnya mengalami pemanasan dengan uap air untuk menonaktifkan enzim-enzim yang terdapat dalam daun teh, kemudian digulung dan dikeringkan. Minuman teh hijau berwarna kuning hijau dan terasa lebih sepat dibandingkan teh hitam.

Teh hijau identik dengan simbol minuman kesehatan. Teh hijau bermanfaat untuk menyegarkan tubuh, kaya akan vitamin C dan vitamin B terutama tiamin (150-600 mg) dan riboflavin (1,3-1,7 mg).

Teh hitam dibuat dari pucuk daun teh segar yang dibiarkan menjadi layu sebelum digulung, kemudian dipanaskan dan dikeringkan. Teh hitam disebut juga teh fermentasi. Sebagian besar (98%) teh yang beredar di pasaran adalah teh hitam.

Pada dasarnya, daun teh mengandung tiga komponen penting yang mempengaruhi mutu minuman yaitu kafein yang memberikan efek stimulan, tannin yang memberi kekuatan rasa (ketir), dan polifenol. Polifenol yang terkandung dalam teh mempunyai banyak khasiat kesehatan.

Polifenol adalah antioksidan yang kekuatannya 100 kali lebih efektif dibandingkan vitamin C dan 25 kali lebih tinggi dibandingkan vitamin E. Polifenol bermanfaat untuk mencegah radikal bebas yang merusak DNA dan menghentikan perkembangbiakan sel-sel liar (kanker). Untuk mengambil khasiat antioksidan dari teh, dianjurkan agar kita menyeduh teh dalam air hangat selama tiga menit.

Teh adalah sup kimiawi yang kaya antioksidan. Kegiatan antioksidan dalam darah para peminum teh meningkat 41%-48% setelah 30 menit minum teh hijau dan setelah 50 menit minum teh hitam.

Disamping itu, minum teh juga akan menghambat penumpukan plak di arteri sehingga mengurangi resiko penyakit jantung koroner. Para peminum teh juga mempunyai arteri yang lebih muda dan tidak rusak. Arteri yang rapuh akan mempermudah penumpukan kolesterol yang menyumbat pembuluh darah.

Sebuah penelitian di China membuktikan bahwa teh memberikan perlindungan terhadap munculnya kanker esophageal. Manfaat ini akan lebih besar lagi apabila kita bukan perokok dan bukan peminum minuman keras. Disarankan agar kita menghindari munim teh panas, karena teh panas justru mendorong timbulnya kanker kerongkongan. Teh yang panas dapat melepuhkan dinding esophagus dan menciptakan luka sehingga kita rentan terhadap kanker.

Senyawa-senyawa dalam teh juga mampu melawan kegiatan bakteri tertentu yang menyebabkan kerusakan jaringan gusi dan tanggalnya gusi. Bakteri tersebut adalah streptokokus mutans yang menyebabkan pembusukan gigi.

Mari kita minum kopi dan teh secukupnya setiap hari agar awet muda !

Diolah dari : http://www.livescience.com/health/050829_coffee_health.html dan http://www.sinarharapan.co.id/iptek/kesehatan/2004/0611/kes2.html

5 comments:

  1. Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com/
    http://www.infogue.com/makanan_minuman/_kopi_dan_teh_sumber_antioksidan/

    ReplyDelete
  2. wah..untung saya tiap pagi musti minum kopi...ternyata ada manpaatnya juga..syukurlah...hehehehhe

    ReplyDelete
  3. saya tiap hari 2-3 kali sehari bikin teh hijau organik made in sendiri (cor langsung mimik):D...aku minun hangat2 kk blh ya...itu yg di maksud panas suhu sekitar berapa o_O

    ReplyDelete
  4. saya minum teh hijau 1x sehari tapi saya gak minum kopi soalnya kata mama golongan darah O itu gak bole minum kopi hehehe
    BTW bapak saya tiap hari 2x minum kopi tapi koq gak awet muda yah malah tambah tua heheh

    ReplyDelete
  5. Menurut penelitian, antioksidan dalam segelas air teh sama dengan 7 buah apel. Untuk sehat secara mandiri biasakan minum teh 4 gelas / hari dan pilih teh yang sudah terbukti dahsyat untuk menyembuhkan berbagai penyakit degeneratif. Info selengkapnya silakan cek: http://www.tehkesehatan.com Semoga bermanfaat, Salam.

    ReplyDelete

Designed By Published.. Blogger Templates