Kota Tarakan     Komunitas Blog Tarakan     LPSE Tarakan

Breaking News

Wednesday, September 26, 2007

Tarakan Tambah Cabor Satu Lagi?

Aeromodelling Susul Terjun Payung
Cabang olahraga yang dipertandingkan dalam PON XVII 2008 di Tarakan, kemungkinan besar akan bertambah. Sebelumnya, Tarakan mendapatkan kepercayaan untuk menggelar cabor tenis, bridge, catur serta terjun payung. Kini Tarakan diwacanakan menambah satu cabor lagi, yakni aeromodelling.

Hal ini dikatakan oleh Wakil Ketua PB PON Kaltim, Hermain Okol, usai rapat internal PON di Samarinda, Senin lalu. Hermain pun sedikit membocorkan hasil dari rapat tersebut. Ia menuturkan, secara umum ada tiga cabor yang diusulkan untuk dipindahkan, yakni golf yang semula di Balikpapan serta taekwondo dan aeromodelling yang sebelumnya dilaksanakan di Kutai Timur (Kutim).

“Rekomendasi itu diberikan oleh technical dellegate, tim pengawas dari KONI Pusat dan pengurus besar cabang olahraga yang bersangkutan,” kata Hermain Okol.

Menurutnya, rekomendasi untuk dialihkannya cabang golf diberikan oleh tim pengawas dari KONI Pusat yang sempat meninjau tempat tersebut dan menilai lapangan yang akan digunakan banyak mengalami kerusakan yang hingga kini tidak ada perbaikan yang berarti. Namun belum ditentukan daerah mana yang ditunjuk sebagai alternatif venues cabor golf menggantikan Balikpapan.

Sedangkan untuk cabang aeromodelling ujarnya lagi, direkomendasikan oleh untuk dipindah ke Tarakan karena technical dellegate menilai Kutai Timur tidak memiliki sarana yang memadai untuk menggelar cabor tersebut. Dipilihnya Tarakan juga sudah melalui pantauan yang dilakukan tim technical delegate saat berkunjung ke Tarakan, beberapa hari lalu, dalam rangka melihat kesiapan venues terjun payung. “Sebenarnya ini terkait masalah teknis saja,” jelasnya lagi.

Sementara itu Ketua Bidang Pertandingan PB PON Kaltim, Harbianysah mengatakan, rekomendasi untuk cabor taekwondo direkomendasikan melalui surat yang dikirim oleh pengurus besar Taekwondo Indonesia. Menurutnya, keinginan tersebut lebih disebabkan faktor non-teknis saja karena yang dikeluhkan adalah jarak menuju Sengata (Kutai Timur) yang cukup jauh dengan menempuh jalan darat. PB PON menargetkan permasalahan ini dapat diselesaikan dalam tempo tiga hari mendatang.

Hermain kembali menambahkan, semua keputusan akhir terhadap lokasi cabor tetap menjadi wewenang PB PON Kaltim. Ia menegaskan bahwa tidak tetutup kemungkinan ada perpindahan venues cabor bila ternyata ada daerah penyelenggara yang terbukti tidak siap.

Hingga kini ada tujuh daerah yang direncanakan untuk menggelar cabor di PON XVII, yaitu Kota Samarinda, Balikpapan, Bontang, Tarakan, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, dan Berau. Hermain mengakui kepastian daerah penyelenggara cabor yang belum juga pasti dan itu turut mempengaruhi persiapan Kaltim sebagai tuan rumah.

Kendati demikian ujarnya lagi, sudah banyak kemajuan dalam persiapan yang dilakukan Kaltim seperti pada bidang akomodasi, transportasi, pertandingan, kesehatan serta humas. Ia menambahkan, PB PON Kaltim menargetkan seluruh lokasi cabang olahraga yang akan dipertandingan harus sudah dapat dipastikan pada Oktober mendatang. (*/lpk/kpnn)

Sumber Radar Tarakan

No comments:

Post a Comment

Designed By Published.. Blogger Templates