Kota Tarakan     Komunitas Blog Tarakan     LPSE Tarakan

Breaking News

Wednesday, September 26, 2007

Puasa, Berkebun Yuks!

Menahan lapar, haus juga amarah bukan berarti kita harus bermalas-malasan dan mandul aktivitas. Berkebun bisa jadi opsi menghabiskan waktu dengan bermanfaat. Berkebun yang seperti apa dulu, simak dong tips di bawah ini.

Soal berkebun ini pernah disinggung dalam tips yang sebelumnya. Kegiatan tanam menanam dipercaya efektif menggantikan kegiatan berolahraga selama berpuasa. Walau puasa, kan olahraga juga sama pentingnya.

1. Manfaatkan lahan yang ada di rumah Anda. Terutama untuk pemula, jangan dulu berspekulasi membeli lahan khusus untuk berkebun. Mulailah dari hal yang mudah dan sederhana.

2. Cari bibit bunga atau tumbuhan yang sesuai dengan iklim tempat tinggal Anda. Bunga Matahari, Pepaya, dan Mangga cocok ditanam di dataran rendah. Tapi apabila tempat tinggal Anda di dataran tinggi dan dingin, jenis tanaman paku-pakuan akan sangat cocok. Selain itu banyak juga jenis bunga atau sayuran yang cocok ditanam di daerah ini.

3. Pada bulan puasa, jangan menanam jenis tanaman yang besar dan mengharuskan Anda menggali tanah dalam-dalam, atau mengangkat beban yang berat. Menanam pohon palem botol misalnya. Hanya akan membuat tubuh semakin lemas dan letih.

4. Jangan berkebun di siang hari bolong, dijamin tubuh akan lemas, dan tenggorokan kering. Sebaiknya mulailah berkebun pada pagi hari, saat matahari belum muncul.

5. Selain jenis bunga-bungaan, pilihlah juga tanaman yang bisa Anda nikmati hasilnya. seperti buah-buahan atau sayur-sayuran. Perhatikan jadwal pemupukan serta panen. Agar hasil yang didapat optimal.

6. Jangan lakukan kegiatan berkebun ini sendiri, lakukan bersama keluarga, atau teman. Jadikan kegiatan ini ajang mempererat tali silaturahmi. Selamat Mencoba! (yla/yla)

Oleh Amelia Ayu Kinanti - detikHot

2 comments:

  1. cocok nih tipsnya untuk pemula kaya sy. n bagus juga, sekalian ngisi waktu kalo puasa he2..see my blog at allgardeningtips.blogspot.com ada kumpulan artikel tentang berkebun.

    ReplyDelete

Designed By Published.. Blogger Templates