Kota Tarakan     Komunitas Blog Tarakan     LPSE Tarakan

Breaking News

Monday, September 17, 2007

Hindari Sawi dan Nangka Saat Puasa

PUASA Ramadan telah tiba. Setelah seharian berpuasa, tentu waktu berbuka paling ditunggu. Tapi awas, jangan asal makan lho! Menurut dr Ari Fahrial Syam, SpPD, MMB, KGEN, ada beberapa makanan yang wajib dihindari saat berbuka puasa. Dia mencontohkan sayur sawi dan kol.

"Makanan tersebut mengandung gas dan berpotensi memicu produksi asam lambung yang berlebihan," ujar Ari.

Hal itu disampaikan dia dalam simposium mini bertajuk "Tips puasa pada penderita penyakit kronis" di FKUI. Selain dua jenis makanan tersebut, buah nangka, kedondong dan semua buah yang dikeringkan sebaiknya juga tidak dikonsumsi.

Agar asam lambung tidak berlebihan, pada saat berpuasa juga sebaiknya tetap menghindari makanan yang merangsang pengeluaran asam lambung. Beberapa jenis makanan itu antara lain kopi, minuman beralkohol, anggur putih, dan sari buah sitrus. "Susu full cream juga harus dihindari," imbuh pria berkumis ini.

Dia pun mengingatkan agar tidak mengonsumsi makanan yang sulit dicerna yang dapat memperlambat pengosongan lambung, seperti kue tart dan keju. Yang juga harus dihindari adalah makanan yang secara langsung merusak dinding lambung yakni yang mengandung cuka, pedas, dan merica.

"Hindari makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah antara lain alkohol, coklat, makanan tinggi lemak, dan gorengan. Ada juga beberapa sumber karbohidrat yang perlu dihindarkan seperti beras ketan, mi, bihun, bulgur, jagung, ubi singkong, tales, dan dodol," beber Ari. (nvt/ken)

Sumber: Radar Tarakan

No comments:

Post a Comment

Designed By Published.. Blogger Templates