Kota Tarakan     Komunitas Blog Tarakan     LPSE Tarakan

Breaking News

Tuesday, September 25, 2007

Fakta Seputar Tidur

Tahukah Anda bahwa tidur punya fungsi yang lebih dari sekedar mengistirahatkan tubuh saja. Kurang tidur bisa bikin memori otak terganggu bahkan bunuh diri. Jadi?

Penelitian menemukan bahwa tidur tak hanya melindung memori dari pengaruh luar tapi juga membantu menguatkannya. Mereka yang tidur lebih sedikit mempunyai hormon stres, kortikosteron yang lebih tinggi. Hormon inilah yang mengganggu reproduksi sel di otak orang dewasa.

Tapi ini bisa kembali normal setelah Anda bisa tidur enak selama seminggu. Betapa tidak menguntungkan bukan? Tapi jangan juga menghabiskan waktu yang berlebihan untuk tidur.

Umumnya waktu tidur normal seseorang adalah 7 jam. Namun banyak yang hanya menghabiskan waktu selama 5 jam saja untuk istirahat. Rupanya waktu tidur yang tak normal ini bisa menambah tinggi risiko masalah kardiovaskular.

Hal ini berisiko besar terhadap gangguan jantung. Biasanya ini akan membuat detak jantung Anda tak normal.

Tidur bisa jadi penyembuh yang baik. Pada saat inilah pertumbuhan organisme tubuh. Sebagai contoh tidur bisa menumbuhkan tingkat hormon pertumbuhan dan menganti sistem imune.

Pada orang dewasa, kurang tidur bisa membuat depresi berat. Dalam keadaan kurang tidur yang parah, depresi akan bertambah ditambah otak tak bisa berpikir jernih, banyak kasus bunuh diri karenanya. Waduh...

Fakta Menarik Seputar Tidur
- Saat kita sedang tidur nyenyak, nafas, detak jantung dan tekanan darah berada dalam tingkat yang paling rendah.

- Saat kita sedang bermimpi, otak biasanya bekerja mencari pengalaman serupa yang pernah terjadi ketika kita sedang dalam keadaan sadar.

- Banyak orang menderita insomnia adalah pengaruh dari rasa khawatir dan depresi. Dan rata-rata penderita insomnia paling tinggi adalah wanita dan orang tua.

- Rata-rata orang bangun sekitar 6 kali setiap waktu mereka tidur.

- Temperatur tubuh Anda akan menurun drastik menjelang pagi. Biasanya titik paling rendah adalah sekitar jam 4 pagi. Kemudian akan naik lagi setelah matahari terbit.

- Walaupun kita sedang tertidur pulas, ada beberapa bagian dari tubuh kita yang bisa menerima suara atau sinyal dari sekitar. Itu mengapa orang tua selalu bangun ketika bayinya menangis.

Bagaimana Tidur yang Sehat?
1. Persiapkan diri Anda dengan memastikan Anda dalam keadaan kalem dan santai sebelum tidur. Sebelum beranjak ke ranjang, lakukan aktifitas ringan. Hindari musik yang keras dan televisi. Matikan lampu. Membaca, yoga dan meditasi bisa membantu Anda bersiap-siap tidur.

2. Pastikan Anda mentaati jadwal rutin dengan tidur dan bangun di waktu yagn sama setiap harinya. Tubuh Anda akan terbiasa dengan jadwal tersebut dan akan terbiasa mempersiapkan tidur yang enak. Pastikan kamar Anda dingin dan nyaman.

3. Jika Anda menghabiskan waktu lebih dari 15 menit di ranjang untuk bersiap tidur, sebaiknya lakukan sesuatu hal yang membuat relaks tapi jangan di atas kasur. Berada di ranjang saat terjaga malah meningkatkan kekhawatiran Anda tak bisa tidur.

4. Olahraga bisa membuat Anda tidur lebih baik, tapi jika dilakukan diwaktu yang tepat tentunya. Waktu yang paling ideal untuk olahraga adalah pagi hari. Berolahraga siang hari akan membuat ngantuk. Itu karena olahraga membuat energi tubuh meningkat.

5. Jangan makan makanan berat sebelum tidur dan jangan mengkonsumsi kafein di sore atau malam hari. Jangan merokok. Alkohol juga mengganggu kemampuan tidur. (yla/yla)

Oleh Yulia Dian - detikHot

1 comment:

  1. http://www.detikhot.com/index.php/love.read/tahun/2007/bulan/09/tgl/25/time/151905/idnews/834187/idkanal/227

    ReplyDelete

Designed By Published.. Blogger Templates