Kota Tarakan     Komunitas Blog Tarakan     LPSE Tarakan

Breaking News

Saturday, September 29, 2007

Awas Laptop Bikin Badan Sakit!

Bukan hanya jadi kebutuhan laptop kini mulai jadi tren. Banyak gaya, hati-hati sakit leher, bahu, pergelangan tangan, punggung juga sakit mata gara-gara laptop. Lho?

Penggunaan komputer jinjing alias laptop biasanya ditujukan untuk mendapatkan kemudahan mengakses komputer dimana pun kita berada. Namun, penggunanya juga harus hati-hati. Sebab, kebiasaan menggunakan laptop dengan cara yang salah malah akan mengganggu kesehatan.

Dugaan tersebut datang dari penelitian yang dilakukan University College London (UCL) untuk lembaga The Ergonomics Society. Hasilnya, mereka menemukan bahwa 57 persen pelajar mengalami rasa sakit akibat penggunaan laptop, bahkan 7 persennya mengaku mengalami rasa sakit setiap waktu.

Setelah diteliti ternyata penyebab rasa sakit yang mendera pelajar tersebut disinyalir berasal dari kebiasaan penggunaan laptop yang sembarangan, yaitu dengan menelungkup di lantai atau di tempat tidur.

Selain itu, 21 persen responden juga mengaku mengalami sakit di leher dan bahu, 16 persen di pergelangan tangan, 15 persen di punggung dan 10 persen mengalami sakit pada bagian mata akibat cara pemakaian yang salah ini.

"Mereka menginginkan kemudahan dan fleksibilitas dari laptop. Namun kami menunjukkan bahwa hal itu bisa meningkatkan resiko kesehatan," ungkap Rachel Benedyk dari UCL seperti dikutip detikINET dari Vnunet, Selasa (25/9/2007).

Menurut Benedyk, para pelajar menggunakan laptop rata-rata 5,5 jam perhari yang bisa dikategorikan sebagai beresiko terhadap kesehatan. Situasi ini diperparah dengan fakta bahwa 42 persen pelajar menggunakan laptop di pangkuan mereka, 29 persen di tempat tidur dan 13 persen lagi di lantai sehingga memicu rasa sakit.

Di samping itu, penelitian ini juga menemukan bahwa 67 persen responden cukup memperhatikan masalah berat laptop. Sebanyak 21 persen responden memakai tas punggung untuk membawa laptop. Hal ini membawa efek cukup baik karena dengan tas punggung, distribusi berat akan lebih merata daripada penggunaan tas selempang. (fyk/yla)

Oleh Fino Yurio Kristo - detikHot

1 comment:

  1. Kalo dah terlanjur sakit, cara mengatasinya gimana ya?

    ReplyDelete

Designed By Published.. Blogger Templates