Kota Tarakan     Komunitas Blog Tarakan     LPSE Tarakan

Breaking News

Saturday, August 11, 2007

TIPS: Rawat-rawat Telinga Anda

Telinga. Indra pendengaran ini seringkali luput dari perhatian. Untuk merawat dan menjaga telinga agar tetap berfungsi dengan baik ternyata memerlukan trik-trik khusus. Ini dia!

1. Hindari tekanan udara keluar kuping. Untuk seseorang yang gemar berolahraga Tinju, rugby serta gulat, sering kali mengalami hal ini. Sebaiknya pakai pelindung kepala untuk menghindari tekanan udara yang terlalu kuat. Tekanan tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada gendang telinga.

2. Jika ingin melobangi kuping (untuk Anting) atau piercing, pastikan tempat piercing Anda itu benar-benar menjamin kebersihan alatnya. Kotoran di jarum piercing akan mengakibatkan luka dan infeksi pada telinga.

3. Bersihkan telinga menggunakan jari yang dibalut dengan handuk. Sebaiknya bersihkan telinga dengan bahan yang lembut, bahan katun dapat melukai telinga. Kulit telinga sangat tipis dan lembut. Pembersihan kuping yang salah dan terlalu dalam akan mengakibatkan luka pada telinga dan mengakibatkan gangguan pendengaran.

4. Jangan terlalu sering membersihkan bagian dalam telinga. Normalnya, bagian dalam telinga tidak perlu terlalu sering dibersihkan. Jika memang perlu dibersihkan, sebaiknya gunakan obat tetes telinga yang mengandung hydrogen peroxide. Cairan tersebut efektif untuk membersihkan telinga bagian dalam. Teteskan cairan tersebut ke dalam lubang telinga, lalu diamkan selama beberapa menit, setelah itu bersihkan.

Untuk menjaga pendengaran tetap berfungsi secara maksimal diperlukan tips khusus seperti di bawah ini.

1. hindari tempat-tempat yang bising, seperti konser rock, jalur balap mobil dan tempat konstruksi, kebisingan dapat mengurangi kepekaan pendengaran. Sebisa mungkin jangan terlalu sering datang ke tempat-tempat dengan tingkat kebisingan yang tinggi.

2. Jangan menonton TV atau mendengar radio dengan volume yang terlalu keras, terutama ketika menggunakan earphone.

3. Jika telinga Anda sakit, segeralah pergi ke dokter. Luka dan infeksi pada telinga dapat mengakibatkan kerusakan pada gendang telinga yang akan membuat Anda kehilangan pendengaran. Dokter akan memberikan perawatan dan obat untuk mengobati luka dan infeksi tersebut.

4. Hati-hati juga dalam mengkonsumsi obat-obatan. Beberapa kandungan obat dapat mengakibatkan gangguan pendengaran apabila di konsumsi dengan cara yang tidak sesuai. Perhatikan benar-benar dosis dan cara meminum obat.

5. Berhentilah merokok, resiko gangguan pendengaran lebih besar ditemukan pada orang yang merokok dibanding dengan orang yang tidak merokok.

6. Segeralah hubungi dokter ketika Anda mengalami hilang pendengaran dan penciuman, keluhan semacam itu kemungkina merupakan penyakit yang serius.

7. Hindari memakai alat kimia berlebihan yang nantinya akan diserap oleh tubuh dan menimbulkan gangguan pada pendengaran.

Ketika Anda naik pesawat, pada saat take off dan landing, tekanan darah di kuping akan naik. Lebih baik kunyah permen karet untuk menyeimbangkan tekanan darah tersebut. Tekanan darah berlebihan dapat mengakibatkan kerusakan pada gendang telinga dan hilangnya pendengaran.

Untuk Anda yang hobi menyelam (scuba diving), pelajari benar posisi tubuh saat meyelam dan muncul di permukaan, perbedaan tekanan tersebut dapat menimbulkan gangguan pada telinga, cara yang benar akan mengurangi resiko gangguan tersebut.(yla/yla)

Oleh Amelia Ayu Kinanti - detikHot

2 comments:

  1. Dulu, sewaktu masih hobi berenang, kupingku sering kemasukkan air, sampai sekarang masih terasa berdenging... sedikit "kurang" pendengarannya, hehehe

    ReplyDelete

Designed By Published.. Blogger Templates