Kota Tarakan     Komunitas Blog Tarakan     LPSE Tarakan

Breaking News

Friday, August 24, 2007

MENYULAP REMPAH JADI OBAT ..!!! (bag. 3 - habis)

BISA DIKOMBINASI
Bahan di yang ada pada postingan sebelumnya yaitu MENYULAP REMPAH JADI OBAT ..!!! (bag. 1) dan MENYULAP REMPAH JADI OBAT ..!!! (bag. 2) tak hanya dapat berkhasiat sendirian. Bisa saja dikombinasi dengan bahan lain untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif. Nah, catat resepnya.

DEMAM DAN PILEK
Ambil 1 buah jeruk nipis, peras airnya. Tambahkan minyak kayu putih dengan perbandingan sama. Tambahkan kapur sirih. Campur ketiganya hingga berbentuk seperti bubur, oleskan pada leher, dada, atau punggung.

PEGAL LINU
Cengkah, merica, dan daun belimbing wuluh mampu meredakan pegal linu. Caranya, lumatkan 10 butir cengkeh, 15 butir merica, dan daun belimbing wuluh. Tambahkan cuka secukupnya.

BISUL
Minuman berikut ini dipercaya nenek moyang kita mampu menyembuhkan bisul. rebus 1 umbi temulawak (iris jadi 5 bagian), 1 ibu jari asam kawak, dan gula jawa secukupnya dalam 1,5 gelas air. Setelah tinggal separuh, saring dan minum sekaligus. Cukup sehari sekali.

BENGKAK
Haluskan 1 jari rimpang kencur bersama 1 sendok makan beras. Tempelkan pada bagian yang bengkak, balut dengan kain.

MASUK ANGIN
Sudah lama jahe dipercaya untuk mengusir angin dalam tubuh. Memarkan 1 ruas jari jahe tua. Rebus selama 15 menit dalam 2 gelas air. Tentu Anda dapat menambahkan gula merah untuk memberi rasa. Minum ketika hangat.

SAKIT PERUT
Jeruk nipis mampu mengobati sakit perut dari luar. Caranya, campur air jeruk nipis (dari 1 jeruk) dengan minyak kayu putih, dan kapur sirih hingga berbentuk bubur. Oleskan pada perut.

NYERI KALA HAID
Nyeri di kala haid dapat diredakan dengan larutan berikut. Rebus 2 bunga cengkeh, 7 butir ketumbar, 2 cm kunyit, dan 1 sendok teh parutan pala dalam 1 gelas air hingga tinggal setengahnya. Saring dan diminum hangat-hangat.

RAMUAN PENCAHAR
Ambil 1 genggam daun asam dan 1 jari rimpang kunyit. Rebus selama 5 menit di dalam 1 gelas air. Setelah dingin, saring dan minum sekaligus.

MENCEGAH RAMBUT RONTOK
Lumatkan 10 butir kemiri. Didihkan dalam 2 gelas air sampai mengeluarkan minyak. Setelah dingin, saring dan gosok-gosokkan dikulit kepala 2-3 kali seminggu.

Keterangan :
- Ukuran 1 gelas = 220 - 240 ml.
- untuk memaniskan ramuan, gunakan gula merah atau gula batu (jangan gula pasir).
- Ramuan yang direbus hendaknya dimasak di dalam panci enamel (bukan aluminium) di atas api kecil.


Sumber Sehat Sedap Sekejap

1 comment:

  1. wah ramuannya udah di uji coba blon tuh ntar kalo rambutnya tambah rontok gimana

    ReplyDelete

Designed By Published.. Blogger Templates