Kota Tarakan     Komunitas Blog Tarakan     LPSE Tarakan

Breaking News

Monday, August 20, 2007

MENYULAP REMPAH JADI OBAT .. !!! (bag. 1)

Tak perlu panik bila Anda kebetulan kehabisan obat, sementara ada anggota keluarga yang terserang sakit. Bongkar tempat rempah-rempah Anda. Hampir semua jenis rempah bisa digunakan untuk meredakan gejala penyakit tertentu. Nah, beginilah resepnya.

ASAM JAWA
Tanaman ini berkhasiat sebagai obat batuk. Cara membuat ramuannya, ambil 10 gram daging buahnya lalu seduh dengan 1 gelas air panas. Tambahkan sedikit gula merah. Diminum pagi dan sore setelah larutan dingin.

BAWANG MERAH
Bukan cuma sedap dijadikan bumbu, bawang merah juga berkhasiat sebagai penurun panas dan demam. Terutama bagi anak-anak. Parut 20 gram bawang merah dan tempelkan pada sekujur badan.

BAWANG PUTIH
Sudah sangat lama bawang putih dinyatakan berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Tak perlu repot-repot mengolah atau membuatnya jadi ramuan. Lalap saja mentah-mentah. Khasiatnya pasti prima.

BELIMBING WULUH
Berkhasiat untuk menyembuhkan batuk. Anda bisa membuat larutan belimbing wuluh dengan merebus 1 gelas air bersama 11 gram buah belimbing, dan 5 gram gula jawa. Setelah 15 menit, larutan bisa diangkat dan disaring. Larutan ini bisa untuk konsumsi 1 hari, dua kali minum.

CABE MERAH
Baluran air cabe merah konon bisa meredakan gejala rematik yang mengganggu. Campur 10 gram serbuk cabe merah di dalam 1/2 gelas air panas. Diamkan beberapa menit lalu balurkan pada bagian badan yang sakit.

CENGKEH
Untuk menghangatkan perut, cengkeh termasuk obat yang cukup ampuh. Kandungan minyak atsiri, eugenin, dan vanilinnya mampu membuat perut yang sakit sedikit reda. Seduh 5 gram cengkeh dalam 1 gelas air panas. Minum air seduhan ittu 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

JAHE
Jahe sangat ampuh untuk menghangatkan tubuh dan meredakan batuk. Bakar 15 gram jahe selama 15 menit kemudian dimemarkan. Seduh dengan 1 gelas air panas dan tambahkan 1 sendok makan madu. Minum setelah diaduk rata.

JERUK NIPIS
Selain jahe, jeruk nipis juga disebut-sebut amat ampuh menyembuhkan batuk. Minumlah air jeruk nipis yang telah ditambahkan 1 sendok teh madu manakala Anda terserang batuk.

KEMIRI
Siapa menduga bumbu yang selama ini menemani Anda dalam berbagai masakan, berkhasiat pula meredakan gejala diare. Tumbuk sampai lumat 2 butir kemiri dan seduh dengan 1/4 gelas air matang panas. Minum sekaligus setelah disaring.

Keterangan :
- Ukuran 1 gelas = 220 - 240 ml.
- Untuk memaniskan ramuan, gunakan gula merah atau gula batu (jangan gula pasir).
- Ramuan yang direbus hendaknya dimasak di dalam panci enamel (bukan aluminium) di atas api kecil.


Sumber : Sehat Sedap Sekejap

2 comments:

  1. Tomat juga bisa dipake untuk meredakan demam, loh! :)

    ReplyDelete
  2. baru tau kalo kemiri bs jd obat diare kirain buat ngitemin rambut aja, bolehlah kpn2 dicoba.

    ReplyDelete

Designed By Published.. Blogger Templates