Kota Tarakan     Komunitas Blog Tarakan     LPSE Tarakan

Breaking News

Tuesday, August 7, 2007

Hati-hati Teman Bisa Bikin Gemuk!

Ternyata bukan hanya makanan yang berpotensial besar membuat badan Anda melar. Hati-hati dengan teman Anda. Penelitian terbaru menunjukan teman adalah pemicu utama bertambahnya berat badan Anda.

Sebuah majalah ilmu kedokteran di Inggris menyimpulkan kegemukan adalah fenomena sosial yang dipengaruhi oleh teman. Setiap orang bisa bertambah gemuk 57 persen jika orang tersebut mempunyai sahabat yang gemuk juga.

Demikian laporan dari James Fowler from Harvard University dan Nicholas Christakis from the University of California, San Diego seperti dilansir detikhot dari kantor berita AFP, Jumat (3/8/2007).

Peneliti menutup jaringan para pelajar dari 12.067 persahabatan yang terjadi antara 1971 hingga 2003. Mereka mengamati kelebihan berat badan mereka dalam periode selama 32 tahun.

Bobot tubuh yang bertambah rupanya dipengaruhi oleh orang lain yang mempunyai bobot tubuh yang berlebih pula. "Ini juga masuk akal itu daerah di dalam otak menerangkan untuk tindakan seperti makan berbagai makanan atau dapat merangsang dan mengamati tindakan dari orang lain," terang James Fowler "Bahkan penyebab kegemukan karena menular".

Penulis mengatakan, sahabat dan saudara kandung mempunyai pengaruh lebih besar dalam masalah bobot tubuh yang bertambah. Apalagi jika orang gemuk itu adalah pasangan Anda.

"Kemungkinan pasangannya akan menjadi gemuk juga bertambah menjadi 37 persen," jelasnya.

Tapi tak selamanya terus membawa kabar buruk. Justru bersama sahabat baik Anda itulah kegemukan bisa diatasi. Anda berdua bisa saling menganjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan berolahraga.

Lebih dari satu pertiga populasi di Amerika Serikat saat ini menderita kegemukan. Bahkan 60 juta orang dewasa di sana tergolong gemuk sekali. (yla/yla)

Oleh Amelia Altiara Abera - detikHot

1 comment:

  1. Kalo begitu, saya harus banyak2in berteman nih, biar bisa ndut...

    ReplyDelete

Designed By Published.. Blogger Templates