Kota Tarakan     Komunitas Blog Tarakan     LPSE Tarakan

Breaking News

Tuesday, July 17, 2007

TIPS: "Tetap Energik di Tempat Kerja"

SAAT bekerja anda disibukkan dengan banyak kewajiban, aturan, tantangan, tenggat waktu dan masih banyak lagi pekerjaan yang harus dituntaskan. Bahkan mungkin saja membuang waktu untuk hal-hal kecil yang pada awalnya menyenangkan seperti bergosip, chatting, email tak jelas yang menyita banyak waktu, bukan tak mungkin anda akan cepat loyo karena energi yang seharusnya dimanfaatkan dengan efektif akan terkuras.

Jika anda bisa memanfaatkan waktu di tengah kesibukan dan padatnya aktifitas bekerja, banyak keuntungan yang akan didapat seperti yang dilansir dari mayoclinic. Selain energi yang terpakai akan lebih efektif, tubuh bugar, pikiran segar, semangat pun terdongkrak.

Berikut beberapa cara memanfaatkan waktu bekerja:

Langkah pertama, mencoba untuk rileks: Tarik nafas panjang dan dalam, hembuskan kembali perlahan, usahakan tubuh merasa rileks.

Kerjakan segala sesuatunya dengan lebih simple, lakukan pekerjaan lebih efektif dan efisien.Fokus pada setiap langkah anda, tuntaskan dengan tenang. Jangan mudah panik menghadapi kesulitan-kesulitan kecil. Tanamkan dalam pikiran anda, kantor adalah rumah kedua yang menyenangkan.

Siap untuk meneruskan langkah selanjutnya? Cek daftar pekerjaan dalam seminggu, yang mana yang telah tercapai dan yang mana yang belum. Ini akan meringkas waktu anda. Atur posisi dan letak barang-barang di meja kerja lebih rapi dan tertata untuk memudahkan anda mencarinya saat membutuhkan.

Tak ada salahnya mendengarkan musik dikala bekerja untuk membantu anda lebih meringankan beban. Hias meja kerja anda dengan bunga lavender atau aromaterapi lavender. Lavender membantu anda merasa lebih rileks. Hasilnya? Mampu mengusir sakit kepala, insomnia atau gangguan tidur, perasaan cemas dan perasaan lelah.

Sediakan air putih untuk diminum yang membantu anda untuk mencegah dehidrasi, kulit kering dan bibir pecah-pecah dalam ruangan AC. Posisi duduk benar, punggung tak melengkung untuk menghindari sakit punggung. Saat membaca di layar monitor dan tangan tak bekerja, sempatkan untuk senam kecil sambil duduk di depan komputer. Gunakan kaki, tangan dan kepala anda.

Regangkan tubuh untuk mengusir penat. Berpikir positif dan optimis juga membantu anda lebih kuat dan bersemangat menghadapi segala permasalahan di kantor. Lebih banyak senyum dan tawa, tingkatkan rasa humor, ini memicu hormon endorphin yang membuat mood jadi lebih baik.

Aktivitas fisik juga membantu tubuh lebih bugar dan awet muda. Jangan manja, gunakan tangga di kantor daripada lift. Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, parkir di tempat yang agak jauh agar anda bisa berjalan kaki menuju kantor. (ki)

Sumber: Radar Tarakan

No comments:

Post a Comment

Designed By Published.. Blogger Templates