Kota Tarakan     Komunitas Blog Tarakan     LPSE Tarakan

Breaking News

Tuesday, July 17, 2007

Satu Apel Sehari, Dokter pun Pergi

Walau bentuknya mungil namun apel punya manfaat yang besar. Makan satu apel sehari dijamin bisa bikin tubuh tambah sehat. Nggak hanya itu aja, apel juga bisa membantu menjaga kesehatan hati dan membantu mencegah kanker usus.

Penelitian terbaru dari American Dietetis Association membuktikan hal tersebut. Zat-zat yang terkandung dalam sepotong apel ternyata punya khasiat besar.

Serat-serat yang mudah hancur dalam apel bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Serat-serat tersebut mengikat lemak dan membantu pengeluarannya. Sedangkan serat-serat lainnya dapat membantu gerakan yang sehat pada usus besar. Demikian Channel News Asia, Kamis (5/1/2006).

Magdalin Cheong, kepala bagian diet di Changi General Hospital, mengatakan apel dapat membantu menahan rasa lapar tanpa memerlukan banyak kalori. Apel juga mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat untuk diet sehat.

Apel, khususnya kulitnya, diyakini kaya akan quercetin, zat anti oksidan kuat yang mampu mengurangi perkembangan dan penyebaran sel kanker.

Riset yang dilakukan oleh departemen teknologi pangan Universitas Cornell, quercetin ditemukan dapat menjaga sel dari radikal bebas yang merusak. Studi yang sama juga membuktikan quercetin memiliki manfaat yang lebih hebat untuk melindungi sel otak ketimbang vitamin C.

Apel yang terbaik menurut penelitian ini adalah yang masih berwarna merah dan masih segar. Apel merah dianggap lebih baik ketimbang apel hijau karena mengandung lebih banyak quercentin pada kulitnya. Selain itu, umumnya kandungan zat anti oksidan pada apel merah lebih besar dibanding apel hijau.

"Apel memberi rasa yang kuat pada makanan sehingga membuat masakan lebih lezat. Rasa yang lezat dan nutrisi sehat yang terkandung dalam apel membuat buah ini menjadi pilihan yang baik untuk segala usia," jelas Cheong. (fta/)

Oleh Dian Lestariningsih - detikHot

No comments:

Post a Comment

Designed By Published.. Blogger Templates