Kota Tarakan     Komunitas Blog Tarakan     LPSE Tarakan

Breaking News

Tuesday, July 10, 2007

Pembangkit Ozon untuk Memasak Air

Air Sumur Bisa Langsung Diminum

Saat ini, banyak sekali penjual makanan dan minuman yang kurang tanggap dengan kesehatan. Kebanyakan dari mereka hanya mencari keuntungan dengan tidak memasak air yang digunakan terlebih dahulu.

Itulah alasan utama dua pelajar SMPN 4 Sidoarjo, Miftah Yama Fauzan dan Adrian Radityatama membuat pembangkit ozon yang bisa digunakan untuk memasak air. Kemampuan utama dari alat ini adalah mengubah air mentah penuh kuman, menjadi air bebas kuman yang bisa langsung diminum.

Air sumur misalnya. Sebanyak 5 liter air sumur, jika diproses dengan alat ini selama kurang lebih 10 menit, maka bisa langsung diminum tanpa khawatir kuman.

Itu jika kondisi awal air sumur sudah jernih. Bagaimana jika air sungai yang biasanya keruh? “Sebenarnya juga bisa, karena alat buatan saya mampu membunuh seluruh kuman. Hanya, warna air tidak berubah. Tetap keruh. Jadi harus disaring terlebih dahulu,” jawab Miftah.

Cara kerja alat ini sebenarnya cukup mudah. Ada sebuah tabung elektroda yang digunakan membangkitkan listrik tegangan tinggi, 10 ribu volt. Bersamaan dengan pembangkitan listrik tegangan tinggi ini, alat juga akan menangkap oksigen di udara sekitar.

Listrik tegangan tinggi itu kemudian dicampur oksigen yang berhasil diserap alat. Ketika listrik tegangan tinggi dan oksigen bercampur, maka oksigen (O2) akan terpecah dan membentuk ozon (O3).

Setelah terbentuk, ozon akan dialirkan pada air yang ingin dibasmi kumannya. Ketika air dan ozon bercampur, akan timbul gelembung-gelembung seperti air sedang dipanaskan. Itu wajar, karena pada saat itulah ozon membasmi kuman-kuman pada air.

Pada pengembangan alat yang dikerjakan selama dua minggu ini, tidak ada kesulitan berarti bagi Miftah dan Adrian. “Semua berjalan lancar sesuai rencana. Tahapan paling sulit adalah membuatan tabung elektroda untuk membangkitkan listrik tegangan tinggi,” terang Miftah. Alat ini juga diklaim hemat energi. Untuk membuat air sumur 5 liter siap diminum, hanya membutuhkan Rp 83 guna membayar tagihan listrik. (dat)

Sumber Radar Tarakan

1 comment:

  1. tabung elketroda? oksigen bercampur?

    GAK NGERTI

    ReplyDelete

Designed By Published.. Blogger Templates