Kota Tarakan     Komunitas Blog Tarakan     LPSE Tarakan

Breaking News

Friday, July 20, 2007

Olahraga di Gym, Keluar Keringat Masuk Virus

Sering olahraga di gym memang bisa bikin sehat. Tapi hati-hati, menurut penelitian alat olahraga yang dipakai beramai-ramai sangat rentan bahaya penularan kuman.

Niatnya ingin otot kuat, badan bugar, bahkan perut six pack bisa kacau balau kalau tidak hati-hati latihan di gym. Dilansir ABC, Rabu (18/7/2007), menurut penelitian Dr Philip Tierno, seorang mikrobiologis, gym adalah salah satu sarana penularan kuman paling efektif.

"Kamu tidak menggunakan mesin itu sendiri. Kamu meninggalkan alat lalu orang lain menggunakannya dan kamu bisa saja meninggalkan kuman di situ. 80% penyakit infeksi ditularkan lewat kontak langsung," ujar Tierno.

Jika seorang member gym sakit, tapi tetap pergi ke pusat kebugaran tersebut, maka teman lainnya bisa ikut tertular. Jika seorang sakit menggunakan alat kebugaran dan orang yang menggunakan selanjutnya terkena bekas kuman, lalu menyentuh mulut atau matanya sendiri, ia bisa tertular penyakit.

Laboratorium yang dimiliki Tierno memeriksa sampel alat-alat dari beberapa gym yang digunakan umum. Hasilnya, ditemukan kuman staph aureus, klebsiella, enterobacter, dan E coli yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit.

Beberapa alat yang digunakan bersama, misalnya barbel, kursi di sepeda statis, dan tempat duduk untuk angkat beban sangat rentan penularan kuman. Bahkan pada beberapa perangkat ditemui bakteri bacillus yang berasal dari tanah. Bakteri ini bisa saja terbawa dari sepatu seseorang.

Tak hanya di seputaran tempat latihan, kamar mandi juga menyimpan ribuan kuman. "Kuman bisa hidup dalam shower, dinding kamar mandi, dan lantainya. Saya menemukan banyak sekali. Bisa dibilang, kata yang tepat adalah tak terhitung," papar Tierno.

Yang sedikit melegakan, umumnya kuman-kuman ini tidak langsung membuat sakit atau menularkan penyakit berbahaya. Pencegahan bisa dilakukan dengan menggunakan sandal ketika mandi dan membersihkan alat yang bekas digunakan orang lain. (fta/eny)

Oleh Puteri Fatia - detikHot

2 comments:

Designed By Published.. Blogger Templates