Kota Tarakan     Komunitas Blog Tarakan     LPSE Tarakan

Breaking News

Tuesday, July 31, 2007

Jeroan Ponsel Akan Gunakan Chip Berbahan Berlian

Beberapa dekade mendatang, manusia mungkin akan menelepon atau mengakses internet dengan sebuah ponsel berunsur berlian. Namun, berbeda dengan ponsel kelas atas masa kini, tidak akan ada permata berkilap pada permukaan ponsel tersebut.

Berlian ini nantinya justru akan ditanam di dalam ponsel sebagai salah satu jeroan, alias komponen inti yang memungkinkan komunikasi lebih cepat.

Adalah perusahaan Advanced Diamond Technology (ADT) yang sedang membuat produk berlian yang bisa digunakan untuk beranekaragam produk seperti ponsel ataupun peralatan medis. Perusahaan ini minggu lalu telah mengumumkan bahwa mereka bisa membuat potongan berlian ideal yang dapat digunakan sebagai komponen di dalam mesin ponsel.

"Teknologi ini masih dalam perkembangan awal dan saya tidak mengatakan bahwa berlian ini sama dengan silikon namun kami telah menghilangkan salah satu tantangan besar untuk mengadopsinya (dalam peralatan elektronik - red.)," ujar Neil Kane, Presiden ADT seperti dikutip detikINET dari CNet, Selasa (31/7/2007).

Saat ini, perusahaan ADT sedang bekerjasama dengan lembaga Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk mengembangkan alat telekomunikasi berkecepatan tinggi menggunakan berlian. Selain itu, berlian ADT juga sedang diteliti kemungkinannya untuk digunakan sebagai pengganti retina mata untuk menyembuhkan kebutaan.

Berlian sebagai substansi alam yang paling keras memang mampu menahan panas dan air sehingga cocok digunakan untuk chip elektronik maupun peralatan operasi medis. Namun pemakaian berlian untuk alat elektronik saat ini dirasakan masih terlalu mahal bagi konsumen.

Kabar baiknya, ponsel dengan komponen berlian dalam hitungan dekade akan makin murah harganya. Pasalnya, mulai berkembang teknologi untuk 'mengembang-biakkan' berlian di laboratorium. ADT pun disebut telah mengembangkan teknologi untuk memanen atom karbon pada gas Metana untuk dijadikan bahan dasar penyusun berlian. (dbu/dbu)

Sumber Fino Yurio Kristo - detikInet

5 comments:

  1. Kalo harganya murah, dan bisa dijangkau kocek Iko sih, gak masalah, hehehe...

    Jaman semakin canggih aja nih.

    ReplyDelete
  2. ckckckck.... kalo gitu perhiasan berlian jadi turun harga donk, salam kenal mas..:)

    ReplyDelete
  3. sangat tidak direkomendasikan bagi orang-orang yang slebor dan sering kehilangan HP.
    mahal di ongkos, bow!

    ReplyDelete
  4. Para copet semakin senang, bisa dapat HP sekaligus berlian.

    ReplyDelete
  5. Klo ada berlianya apa g tambah mahal y harganya????
    Duch tapi serem juga C soalnya "para tangan jahil" makin menyebar luas????
    Hi..Serem...

    ReplyDelete

Designed By Published.. Blogger Templates