Kota Tarakan     Komunitas Blog Tarakan     LPSE Tarakan

Breaking News

Tuesday, July 17, 2007

Hati-hati! Tambah Anak, Kurangi Usia

Kini muncul pernyataan baru! Banyak anak tak lagi banyak rezeki. Penelitian terbaru membuktikan, banyak anak bisa mengurangi usia orang tua. Nah lho!

Penelitian ini dilakukan Universitas Utah kepada 21 ribu pasangan yang tinggal di daerah Utah, Amerika. Penelitian ini mengambil data dari tahun 1860 hingga 1985. Total anak dalam penelitian ini sebanyak 174 ribu.

Dari data tersebut diperoleh angka rata-rata setiap keluarga memiliki 8 orang anak. Satu keluarga bisa punya anak satu hingga 14 orang.

Dilansir BBC, Rabu (27/12/2006), ternyata jumlah anak mempengaruhi kesehatan dan kualitas hidup orang tua.

Risiko ini lebih tinggi pada wanita. Dalam penelitian ini, 1414 ibu meninggal setelah melahirkan anak terakhirnya. Sedangkan 988 lainnya rata-rata meninggal dalam 5 tahun pertama perkembangan anaknya.

Demikian juga sang ayah. Setidaknya 613 pria meninggal pada tahun pertama kelahiran anaknya. Sedangkan 1083 lainnya menghembuskan nafas terakhir dalam lima tahun pertama kelahiran anaknya.

Semakin banyak jumlah anak juga semakin tinggi risiko kematian anak. Risiko ini semakin tinggi terutama pada anak termuda.

Risiko kematian memang lebih besar pada ibu karena selain aktivitas fisik, seorang ibu juga lebih terbebani secara psikologis ketika membesarkan anak.

Tapi, ibu yang telah menginjak masa menopause bisa bernafas lega. Menurut ketua tim peneliti, Dr. Dustin Penn dan Dr. Ken Smith, menopause bisa membuat wanita punya harapan hidup lebih panjang.

"Menopause memberi harapan hidup lebih lama pada seorang ibu dan punya kesempatan untuk membesarkan anak-anaknya," ujar Dr Dustin Penn.(fta/fta)

Oleh Yulia Dian - detikHot

No comments:

Post a Comment

Designed By Published.. Blogger Templates