Kota Tarakan     Komunitas Blog Tarakan     LPSE Tarakan

Breaking News

Wednesday, July 18, 2007

Arkeolog Belanda Teliti Objek Sejarah

TARAKAN-Seorang ahli sejarah dan arkeolog dari Belanda, Dr Ing Hans Bonke, mengunjungi Tarakan. Kedatangannya ke kota ini, juga bersama seorang ahli arkeolog dari Jakarta, Tinia Budiarti.

“Tujuan kami ke sini adalah untuk melakukan penelitian terhadap peninggalan-peninggalan bersejarah Belanda, seperti bunker atau benteng pertahanan yang ada di Tarakan ini,” terang Tinia.

Berbekal peta dan beberapa keterangan yang dibaca dan diperoleh di Museum Arsip Belanda, Hans Bonke ke Tarakan untuk meneliti bunker atau benteng pertahanan Belanda yang ada di Tarakan, yang jumlahnya sekitar 120 titik pertahanan.

“Sampai hari ini, kami sudah mengidentifikasi sebanyak 53 peninggalan Belanda yang ada di Tarakan ini, dan kami akan terus melakukan penelitian,” tutur Tinia.

Semua yang diteliti tersebut nantinya akan dibuat sebuah buku panduan sejarah Belanda di Tarakan.

“Manfaat buku ini banyak. Selain sebagai paduan, arsip atau dokumen pemerintah, juga bisa dibaca oleh semua orang sampai ke luar negeri,” ungkapnya.

Dia mengatakan, untuk mengungkap sejarah peninggalan Belanda yang ada di Tarakan tidak hanya cukup mengandalkan dari benda peninggalan sebagai bukti, arsip atau dokumen awal saja. Tapi, juga perlu saksi sejarah saat itu.

Untuk itu, mereka juga mengunjungi beberapa orang tua yang sudah ada sejak Belanda masuk Tarakan untuk meminta keterangan dan cerita tentang sejarah Tarakan, dan masuknya Belanda.

“Informasi tersebut akan dibukukan dalam satu tulisan sebagai informasi untuk masyarakat kota Tarakan, dan juga untuk disebarluaskan ke luar negeri,” imbuh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Ery Soegiarto SSos MAP. (aln)

Sumber Radar Tarakan

No comments:

Post a Comment

Designed By Published.. Blogger Templates