Kota Tarakan     Komunitas Blog Tarakan     LPSE Tarakan

Breaking News

Tuesday, June 12, 2007

" Tips Atasi Insomnia Kronis "

Sulit terlelap di malam hari? Hati-hati terkena insomnia. Jika sudah kronis, insomnia bisa bikin stres, depresi, menyebabkan sakit, cemas dan banyak lagi. Atasi insomnia kronis sejak dini.

1. Coba atur pola tidur Anda sestabil mungkin. Tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya, walaupun hari libur. Biasakan menepati jadwal itu agar pola tidur Anda normal kembali.

2. Hindari minum kopi ataupun makanan dan minuman berkafein dari sore hingga malam menjelang tidur.

3. Biasakan berolahraga. Namun jangan berolahraga tepat sebelum tidur.

4. Tinggalkan rokok, karena nikotin yang terdapat dalam rokok adalah stimulan.

5. Gunakan ranjang Anda hanya untuk tidur dan seks bagi Anda yang sudah berpasangan. Jangan biasakan diri melakukan kegiatan lain di atas ranjang. Seperti makan atau bekerja. Hal ini berguna untuk membuat Anda terbiasa bahwa ketika di ranjang maka itulah saatnya tidur.

6. Batasi waktu bersantai di ranjang. Jika Anda tidur selama 5 jam namun menghabiskan waktu di ranjang selama 8 jam. Sebaiknya jam bersantai ini dikurangi. Gunakan waktu Anda di ranjang hanya benar-benar untuk tidur.

7. Pastikan Anda bangun di waktu yang sama tiap paginya. Tak peduli bagaimana kualitas tidur Anda, usahakan untuk bangun. Ini akan membantu tubuh Anda terbiasa dengan rutinitas.

8. Belajar tehnik relaksasi tak ada ruginya. Anda bisa mencoba yoga atau meditasi. Ini akan membantu Anda lebih relaks dan tubuh santai.

9. Atur kondisi kamar senyaman mungkin, tenang, sedikit gelap. Jika jam dinding membuat Anda sulit terlelap sebaiknya jangan tidur menghadap jam. (yla/yla)

Oleh : Yulia Dian - detikHot

1 comment:

  1. Tidur, ternyata bagi sebagian orang merupakan harta termahal......elok tenan!!!

    ReplyDelete

Designed By Published.. Blogger Templates