Kota Tarakan     Komunitas Blog Tarakan     LPSE Tarakan

Breaking News

Monday, June 4, 2007

"Rossi Raja Mugello"

Menang GP Italia 6 Kali Berturut-turut.
MUGELLO - Valentino Rossi benar-benar raja Sirkuit Mugello. Bintang Fiat Yamaha itu kemarin kembali memenangi Grand Prix Italia, meraih sukses keenam berturut-turut di lintasan sepanjang 5,245 km tersebut.

Memasuki lomba keenam musim 2007 ini, Rossi sebenarnya bukanlah unggulan. Motor Yamaha M1-nya kalah power bila dibandingkan dengan Ducati Desmosedici GP7, dan itu ekstra gawat di Mugello yang memiliki trek lurus sepanjang 1,141 km.

Sebelum lomba, Rossi berharap hubungan spesialnya dengan Mugello bisa mengalahkan defisit motor, dan kembali membuahkan kemenangan.

Kemarin, hubungan spesial itu masih manjur. Rossi jelas-jelas bukan yang tercepat di trek lurus, dan sempat terpuruk di urutan delapan usai start. Khas Rossi, satu demi satu lawan disalip. Pada lap 9 dari 23 yang dijadwalkan, dia sudah berada di depan.

Setelah itu, tugasnya adalah membendung tekanan Dani Pedrosa (Repsol Honda) dan Casey Stoner (Ducati Marlboro). Satu per satu pesaing mundur. Mulanya Stoner, kemudian Pedrosa. Ketika akhirnya finis, Rossi dengan nyaman memimpin 3 detik di depan Pedrosa.

Puluhan ribu penonton di Mugello (diklaim 85 ribu lebih), yang kebanyakan pendukung Rossi, pun bersorak kegirangan. Tak sedikit yang membobol pengamanan dan masuk ke lintasan, menyambut sang idola.

Saat jumpa pers, Rossi mengaku kesulitan menjelaskan bagaimana kemenangan bisa diraih. "Saya rasa tidak mungkin dijelaskan. Lomba ini cukup menyulitkan. Saya membuat sedikit kesalahan saat start, lalu kesulitan menemukan ritme pada lap-lap awal," ungkapnya. "Tapi bagaimana pun, saya harus mengucapkan terima kasih kepada semua orang. Michelin, Yamaha, dan khususnya seluruh anggota tim yang bekerja bersama saya," lanjut pembalap berjulukan "The Doctor" itu.

Di tempat kedua, Dani Pedrosa terang-terangan mengaku kecewa. Dia bilang motor RC212V-nya makin lama makin tak stabil, sehingga tak bisa diajak menantang Rossi.

"Saya mengharapkan kemenangan hari ini," kata pembalap Spanyol itu. Tapi seperti lomba-lomba terdahulu, pada bagian akhir lomba motor kami mulai kacau. Saya tak bisa memaksakannya, karena bisa berakibat kecelakaan. Jadi, saya hanya berusaha mengamankan posisi runner-up," tuur Pedrosa.

Casey Stoner, yang mengawali lomba dari pole position, akhirnya melorot ke urutan empat. Tiga lap menjelang finis, dia kehilangan posisi podium, disalip pembalap Pramac d’Antin Ducati, Alex Barros. Berarti, kutukan pole berlanjut di MotoGP. Untuk kali kedelapan berturut-turut (sejak akhir 2006), pembalap yang start terdepan tak mampu menang.

Usai lomba, Stoner menyalahkan hujan yang turun saat babak latihan Jumat lalu. Gara-gara lintasan basah, timnya tak mampu menemukan setelan terbaik untuk lomba. Meski demikian, pembalap Australia itu mencoba berpikir positif. Paling tidak, sekarang dia masih memimpin klasemen, walau hanya unggul 9 poin di atas Rossi (115-106).

"Kami akan mencoba comeback, tampil lebih baik pada lomba berikutnya," ujar Stoner. Lomba berikutnya itu akan diselenggarakan di Barcelona, Spanyol, 10 Juni mendatang. (aza)

Paddock News

Helm Bergambar Hati
Valentino Rossi kembali ganti desain helm di Grand Prix Italia kemarin. Pada bagian atas helm merek AGV itu, ada gambar hati sangat besar. Yang membuat orang makin penasaran, Rossi tak mau menyebut apa makna dari gambar tersebut. Dia hanya bilang, tiap orang boleh menafsirkan secara berbeda-beda.

Mungkin, gambar hati itu berkaitan dengan hubungan spesialnya dengan Sirkuit Mugello. Kemarin, dia menang di sana untuk kali keenam berturut-turut. Mungkin juga, hati itu menggambarkan rasa cintanya kepada seluruh penggemar. Khususnya di negeri sendiri, Italia. Entahlah.

Pembalap berumur 28 tahun ini memang dikenal nyentrik. Pada bagian belakang baju balapnya, ada angka "46" terangkai dari bahan bulu halus. Kalau yang itu, Rossi menjelaskan bahwa itu artinya halus bak kelinci. Maksudnya, dia akan melakukan sulap atau keajaiban (rabbit out of the hat) demi merebut kembali gelar juara dunia yang hilang.

Entah apa gaya nyentrik Rossi berikutnya. Pembalap yang satu ini memang jagoan bikin sensasi. (aza)

Barros Tembus 2.000 Poin
Alex Barros pesta besar di Mugello kemarin. Selain kembali naik podium, pembalap asal Brazil itu juga berhasil menembus total 2.000 poin selama berkarir di kelas utama grand prix motor. Total dia sekarang punya 2.007 poin. Dalam sejarah, hanya Mick Doohan (2.298 poin) dan Valentino Rossi (2.270) yang punya poin lebih banyak.

Barros, yang sekarang tertua di MotoGP (36 tahun), memang punya karir panjang. Dia sudah berlaga di kelas utama sejak musim 1993, bersama Suzuki. Entah sampai kapan dia akan berlomba. Ketika diwawancarai Jawa Pos beberapa waktu lalu di Tiongkok, dia mengaku akan menghadapi karir setahun demi setahun. Kalau masih mampu ya terus, kalau merasa tak mampu ya mengalah kepada yang muda.

"Saya berharap masih bisa terus tampil kompetitif. Saya percaya pada Ducati, dan mereka percaya kepada saya. Semoga saya bisa terus naik podium, bahkan mengejar kemenangan di masa depan," katanya usai lomba kemarin. (aza)

Hasil Grand Prix Italia
(23 Lap, 15 Besar)
1. Valentino Rossi, Fiat Yamaha
2. Dani Pedrosa, Repsol Honda
3. Alex Barros, Pramac d’Antin Ducati
4. Casey Stoner, Ducati Marlboro
5. John Hopkins, Rizla Suzuki
6. Toni Elias, Honda Gresini
7. Loris Capirossi, Ducati Marlboro
8. Chris Vermeulen, Rizla Suzuki
9. Marco Melandri, Honda Gresini
10. Nicky Hayden, Repsol Honda
11. Alex Hofmann, Pramac d’Antin Ducati
12. Colin Edwards, Fiat Yamaha
13. Shinya Nakano, Konica Minolta Honda
14. Sylvain Guintoli, Dunlop Tech 3 Yamaha
15. Makoto Tamada, Dunlop Tech 3 Yamaha

Klasemen Pembalap (Setelah 6 dari 18 Seri)
1. Casey Stoner 115 poin
2. Valentino Rossi 106
3. Dani Pedrosa 82
4. Marco Melandri 68
5. Chris Vermeulen 63
6. John Hopkins 59
7. Loris Capirossi 47
8. Toni Elias 45
9. Alex Barros 43
10. Colin Edwards 39

Klasemen Konstruktor
1. Ducati 118 poin
2. Honda 109
3. Yamaha 106
4. Suzuki 82
5. Kawasaki 28

Klasemen Tim
1. Ducati Marlboro 162 poin
2. Fiat Yamaha 145
3. Rizla Suzuki 122
4. Repsol Honda 118
5. Honda Gresini 113

Sumber Berita JawaPos

No comments:

Post a Comment

Designed By Published.. Blogger Templates