Kota Tarakan     Komunitas Blog Tarakan     LPSE Tarakan

Breaking News

Friday, June 1, 2007

~.. Mau Cepat Hamil? Jangan Liburan ke Pantai !!! ..~

Umumnya pengantin baru ingin cepat-cepat punya bayi. Setelah selesai prosesi pernikahan, mereka langsung terbang berbulan madu. Di Indonesia, umumnya pengantin baru memilih terbang ke Bali, sedangkan di luar negeri, Hawaii, dan area-area pantai kerap jadi pilihan.

Memang nggak ada salahnya pergi ke pantai, tapi hati-hati dengan kegiatan Anda disana. Untuk kaum pria, berjemur di pantai atau sering berpanas-panasan bisa membuat sperma anda melempem. Demikian dilansir BBC, Jumat (1/6/2007).

Aktivitas berenang di pantai lalu berjemur dengan mengenakan celana ketat bisa mengakibatkan efek yang kurang baik pada testis. Panasnya suhu di sekitar testis bisa membuat sperma aktif berkurang dan membuat gerakan sperma melambat. Demikian hasil penelitian Bourn Hall Clinic di Cambridgeshire.

Banyak pasangan yang tengah berupaya punya anak memilih pergi liburan untuk membuat diri mereka lebih santai. Bagaimanapun, perlu diperhatikan kalau sperma perlu waktu sekitar 8 minggu untuk benar-benar matang di testis. Sebisa mungkin, selama periode itu jangan banyak perubahan temperatur di sekitar testis.

Secara anatomi, testis memang diletakkan di luar organ tubuh untuk membuat suhunya tetap dingin. Jadi, sering memakai celana yang ketat dan tebal atau berendam air panas sebaiknya tidak sering dilakukan untuk menjaga 'kebugaran' sperma. Menurut ahli fertilitas dari Universitas Sheffield, DR Allan Pacey, panasnya sperma juga bisa mempengaruhi kualitas DNA.

Karena itu, jika ingin pergi berlibur dalam rangka program punya anak, sebaiknya pilih tempat dengan iklim yang kondusif dan tidak berbeda dengan iklim domisili awal. Perubahan suhu yang drastis pada testis apalagi jika suhu semakin panas, justru akan menjadi bumerang bagi kesuburan sperma.(fta/dit)

Oleh Puteri Fatia - detikHot

1 comment:

  1. berendam di air hangat juga bisa mengurangi kesuburan sperma?

    ReplyDelete

Designed By Published.. Blogger Templates